Bagaimana cara melatih otak kanan

                    INGIN JADI ORANG HEBAT...!!

praktikkan cara melatih otak kanan ini!!

            Mengapa cara melatih otak kanan, akhir-akhir ini begitu menjamur disebagian masyarakat??

            Perbedaan ilustrasi antara otak kiri dan otak kanan dapat kita lihat pada dua profesi yang berbeda yaitu  karyawan dan pengusaha. karyawan adalah profesi yang lebih mengandalkan keahlian teknis yang detail, nyaman dengan zona aman, butuh fokus, kurang suka perubahan dan tantangan.

            Berbeda dengan profesi pengusaha yang selalu dinamis dengan perubahan, kurang menguasai hal-hal teknis, tidak terlalu fokus pada hal-hal detail. Karyawan adalah interprestasi otak kiri sedangkan pengusaha adalah interprestasi otak kanan.

Bagaimana cara melatih otak kanan?

=> Mengasah kreativitas

       cara ini dapat diterapkan dengan melakukan aktifitas yang menonjolkan sisi kreatifitas seperti menulis, membuat puisi, menggambar, desain baju, fotografi dan aktifitas lain yang membutuhkan kreativitas.
       Kegiatan-kegiatan tersebut adalah makanan otak kanan karena membutuhkan ide-ide segar dan kemampuan mengeksplor aktualisasi diri. Dengan terus mengasah kreativitas otomatis akan mengasah otak kanan kita.

=> Melakukan hal yang disukai atau hobi

       Suatu cara melatih otak kanan lainnya yang sangat praktis adalah dengan melakukan hal yang kita sukai atau hobi kita.
       Secara tidak sadar ketika  kita melakukan hobi maka tidak akan pernah terjadi kebosanan pada diri kita. kita akan senang dan sukarela melakukannya walaupun banyak sekali tantangan dan bahkan biaya yang kita keluarkan. Hobi ini sangat potensial melatih otak kanan karena sangat berkaitan erat dengan kreativitas. Contoh hobi yang dapat mengasah otak kanan: mendaki gunung, memancing, joging dan lain sebagainya.

=> Humoris

       Dapat kita lihat disekitar kita orang-orang yang selalu ceria adalah orang yang suku humor dan becanda. kadang jika sedang merasakan suatu kebosanan atau sedang dihadapi tantangan yang cukup berat, maka untuk sekedar menjaga spirit, humor adalah pelampiasan orang-orang yang kuat otak kanannya. Guyonan segar dan humor dapat membuat kita rileks sebentar dari rutinitas yang cukup melelahkan. berbeda dengan otak kiri yang sering mengeluh jika menghadapi masalah maka humor adalah cara cerdas orang-orang kanan untuk melampiaskan kebosanan dan menjaga spirit dalam hidupnya.

=> Bermusik

       Musik adalah indah dan sarat dengan seni. Musik menjadi aktualisasi dari ungkapan perasaan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa diungkapkan melalui lirik-lirik lagu. Orang dengan otak kanan yang kuat sangat suka menikmati keindahan musik. Musik adalah makanan orang-orang kanan, tentu saja adalah musik yang selalu menggelorakan semangat dan penuh ide-ide berlian bukan musik yang mendayu-dayu dan lirik-lirik lagu mellow yang sangat menyayat hati.



Komentar