PERANG BUWATH

PERANG BUWATH



          pada bulan rabiul awal 2 H/september 623 M, tidak lama setelah Rasulullah Saw. berada dimadinah sekembalinya dari wuddan, telah sampai berita kepadanya bahwa ekspedisi perang Quraisy sedang dalam perjalanan pulang dari negeri Syam.
          Kali ini ekspedisi itu dibawah pimpinan Ummayah Ibnu Khalaf beserta seratus orang Quraisy. mereka membawa dua ribu lima ratus ekor unta.
          Setelah mendengar berita tersebut, Rasulullah Saw langsung berangkat dengan membawa dua ratus orang prajurit, semuanya terdiri dari kaum Muhajirin
          Untuk kali ini sebagai pembawa panji adalah sahabat Rasulullah yaitu Sa'ad Ibnu Waqqash ar. Rasulullah membawa pasukannya sampai al-Buwath, akan tetapi, ternyata Rasulullah tidak menemukan ekspedisi tersebut karena sudah berlalu. Akhirnya beliau bersama seluruh rombongan kembali ke madinah dan tidak mengalami suatu peperangan.
           Kaum musyrikin sangat hati-hati dalam menjaga dirinya. Mereka berupaya sekuat tenaga menyembunyikan hal-ihwal ekspedisi mereka agar tidak didengar oleh telik sandi Rasulullah.

Komentar